Senin, 21 Juni 2010

Laporan Pertanggungjawaban Ketua FLP 2009/2010 (3)

B. Divisi Hubungan Masyarakat
1. Gambaran Umum
Sebuah organisasi dituntut mampu untuk dapat mengembangkan skill anggota serta memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Dalam menjalankan misi tersebut setiap organisasi harus memiliki sebuah divisi yang bergerak dalam hal menyosialisasikan berbagai macam bentuk kegiatan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan keorganisasian baik kepada masyarakat umum maupun kepada lembaga-lembaga lain sehingga dapat memperluas jaringan, membangun link serta pembentukan citra oraganisasi sehingga dapat dikenal secara luas dan menyeluruh. Divisi Hubungan Masyarakat atau yang biasa di singkat dengan divisi humas merupakan divisi yang berfungsi untuk mengemban tugas tersebut.
Pada periode kepengurusan ini, Divisi Humas FLP Ranting Unhas telah melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada pihak luar (eksternal), yakni berupa pengenalan FLP secara maksimal di kampus-kampus, sekolah dan pada masyarakat umum. Membangun link dan pencitraan diri dengan menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain. Selain itu divisi humas juga berfungsi untuk meningkatkan sense of belonging antara sesama anggota FLP dengan menempatkan diri sebagai pihak penengah yang dapat mencegah dan melerai jika terjadi masalah di pihak internal organisasi dengan memfasilitasi adanya diskusi-diskusi yang membahas masalah-masalah serta kendala yang terjadi dalam kepengurusan serta mengadakan silaturahmi pengurus FLP Ranting Unhas maupun dengan pengurus lainnya (cabang atau wilayah). Tujuan-tujuan tersebut kemudian diwujudkan dalam program kerja Divisi Humas akan dijelaskan secara lengkap pada pembahasan selanjutnya.

2. Kondisi kepengurusan
Dalam melakukan program kerja Divisi Humas, kendala yang dihadapi yaitu kurangnya jumlah anggota humas yang aktif sehingga menghambat kinerja program kerja yang telah dilakukan. Namun dalam kepengurusan ini, divisi humas tetap berusaha mencapai target sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.
Pada dasarnya kondisi divisi humas FLP Unhas sedang tidak baik-baik saja. Tidak terkoordinir dengan baik, tidak jalan sesuai dengan waktu yang ditargertkan. Beberapa program kerja dikondisikan dengan program kerja lain, karena kurangnya dana.

3. Program Kerja
a. FLP Road To Campus
Program kerja ini bertujuan untuk menyosialisasikan FLP di kampus dengan sasaran mahasiswa baru. Dilaksanakan pada penerimaan mahasiswa baru Unhas di Baruga A.P.Pettarani, tanggal 18 Agustus 2009.


b. FLP Road To School
Tidak terlaksana
c. Birokrat Networking
Program kerja ini bersifat menjalin komunikasi yang baik dengan pihak birokrat kampus. Ini rutin dilakukan.
d. Rumah Inspirasi
Tidak terlaksana
e. Silaturrahim rutin dengan FLP Ranting lain
Silaturrahim dengan FLP Ranting lain terjalin dengan baik. Hanya saja kunjungan secara organisasi ke kampus-kampus lain tidak dapat terlaksana.
f. Pengadaan Website FLP Ranting Unhas
Terlaksana berupa website blog, dengan alamat www.flpunhas.blogspot.com
g. Empowering Discussion
Terlaksana hanya sekali dalam kepengurusan, yang seharusnya rutin tiap bulan.
h. Restrukturisasi Blog, Grup FB maupun Frienster FLP Ranting UNHAS
Blog dan FB sudah terkelola dengan baik
i. Ramadhan With FLP
Terlaksana, dengan agenda kegiatan berupa baksos ramadhan, dan buka puasa bersama di Masjid Al-Aqsa Unhas.
j. Kunjungan Media
Kunjungan media dilaksanakan dengan berkunjung ke Identitas dan juga Fajar (Include pada saat TOR I FLP Unhas)
k. FLP in action : Pengajuan Karya rutin ke Identitas UNHAS
Kegiatan ini terlaksana dengan baik.

4. Saran
a. Agar semuanya mendahulukan kerja tim, bukan individual. Terutama untuk posisi ketua atau koordinator dari tiap divisi.
b. Diperlukan rapat evaluasi kepengurusan yang berjalan intens agar hasil dari evaluasi dapat menjadi perbaikan ke depannya.
c. Sekali-kali diperlukan silaturahim kader agar mempererat tali ukhuwah dan kerjasama satu sama lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar