Senin, 21 Juni 2010

Laporan Pertanggungjawaban Ketua FLP 2009/2010 (2)

A. Divisi Penulisan dan Penerbitan
1. Gambaran Umum
Departemen penulisan dan penerbitan merupakan ujung tombak dari organisasi kepenulisan seperti FLP Ranting UNHAS. Departemen yang menangani produktivitas dan kreativitas dari FLP UNHAS ini sudah seharusnya mempunyai cara-cara untuk memajukan organisasinya. Departemen penulisan dan penerbitan periode ini mempunyai 4 program kerja yaitu bedah buku, majalah FLP, lomba menulis, dan pena award. Semua kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan anggota dan pengurus pada khususnya dan mahasisawa UNHAS pada umumnya. Tapi karena satu dan lain hal, salah satu program kerja tidak dapat terlaksana yaitu pena award. Pengurus deparetemen penerbitan dan penulisan periode ini berharap agar pena award dapat dilaksanakan di periode selanjutnya.

2. Kondisi kepengurusan
Kepengurusan departemen penulisan dan penerbitan periode ini mengalami ketimpangan saat koordinatornya memutuskan untuk mengakhiri karirnya di FLP Ranting UNHAS. Pengganti koordinator departemen penulisan dan penerbitan pun masih denial dengan jabatan barunya. Hanya beberapa lintir orang yang masih aktif bekerja untuk departemen ini. Hasilnya, terjadi kekurangan koordinasi yang mengakibatkan ada program kerja yang tidak terlaksana dan beberapa hambatan yang terjadi akibat kurangnya koordinasi antar pengurus.

3. Program Kerja
a. Bedah Buku
Tanggal: Ahad, 2 mei 2010
Tempat: Aula Departemen Sosial Provinsi Sulawesi Selatan
Tujuan: Mengajak para remaja, dewasa, orang tua agar lebih mencintai membaca dan menulis karena membaca dan menulis adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dan merupakan aktivitas yang bermanfaat.
b. Penerbitan Majalah
Penerbitan majalah ini bertujuan sebagai media penyampaian opini, karya, dan sarana publikasi seputar program FLP UNHAS. Majalah yang ditargetkan terbit sekali sebulan, ternyata hanya bisa terbit sekali dalam setahun. Yakni pada bulan Agustus 2009.
c. Lomba Menulis
Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya FLP UNHAS untuk menumbuhkan semangat kompetensi menulis di kalangan mahasiswa UNHAS. Lomba ini disatukan dalam acara Pekan Literasi FLP Unhas. Lomba dilangsungkan tanggal 8-27 februari 2010.
d. Pena Award
Kegiatan ini sebagai bentuk kompetisi karya sesama kader FLP. Tidak Terlaksana.

4. Saran
Saran untuk departemen penulisan dan penerbitan selanjutnya agar tidak hanya melanjutkan program kerja di tahun ini tapi juga memberikan program- program kerja yang baru dan lebih bisa membawa FLP UNHAS lebih unggul. Serta tingkatkan koordinasi antara koordinator departemen dengan anggota-anggotanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar