Rabu, 12 Agustus 2009

Selayang Pandang FLP Unhas

FLP Unhas, adalah salah satu bagian dari keluarga besar Forum Lingkar Pena (FLP). Dalam usia kurang lebih 4 tahun, sebagai organisasi yang bergerak dalam ranah tulis menulis, FLP Unhas pun mencoba untuk mengambil peran dalam membangun dunia literasi, di kampus merah ini pada khususnya. Penerbitan buku secara indie, pemuatan tulisan di koran dan majalah, sampai pada kegiatan peningkatan kualitas baca-tulis masyarakat (termasuk mahasiswa), dalam bentuk pelatihan/workshop kepenulisan.
Akhir tahun 2005, menjadi sejarah awal lahirnya FLP Unhas. Masjid Khairunnisa, yang berdiri kokoh di kawasan Asrama Mahasiswa Putri Unhas, menjadi saksi bisu pendeklarasiannya. Partomo (Sastra Arab,2002), terpilih sebagai ketua ranting pertama. Banyak cerita yang telah diukirnya. Kegiatan kepenulisan tentu menjadi sasaran utama. Hingga lahirlah sebuah antologi cerpen, “Bila Pacarku Seorang Demonstran” diterbitkan secara indie. Keeksisannya pun berhasil dibuktikan. Namun hal itu tak berlangsung lama. Cahaya yang dulu mewarnai keberadaannya, lambat laun semakin redup. Dan akhirnya,,mati!
Namun, perjalanan tak berhenti sampai disitu. S. Putra Sulaiman (Ilmu Komunikasi, 2005), akhirnya hadir tuk menggantikankan jejak perjuangan beliau di kampus merah itu. Dengan semangat yang masih tersisa, perjalanan FLP pun diteruskan. Namun, keterbatasan sumber daya manusia membuatnya sedikit kewalahan dalam melestarikan keberadaan FLP. Staf-staf divisi bahkan tak sempat dibentuk. Jadilah ia sebagai Sang pengurus tunggal. Tapi, FLP Unhas masih tetap kokoh di tengah kebungkamannya.
Pertengahan tahun 2008, akhirnya menjadi awal tumbuhnya setitik pencerahan. Semangat FLP Unhas kembali berkobar. Proses regenerasi pun dilakukan. Dan, terlahirlah penerus-penerus baru FLP Unhas. Hingga terpilih A. Saputri Mulyanna (Ilmu Keperawatan, 2007), sebagai ketua, untuk kembali meneruskan estafet perjuangan FLP Unhas. Untuk kemudian mengumandangkan gaung FLP yang sempat bungkam.
Kini, tahun 2009, tongkat kepemimpinan FLP Unhas berada di tangan Fitrawan Umar (Teknik Arsitektur, 2007). Fokus perjuangan FLP Unhas kali ini adalah membenahi sistem pengkaderan yang selama ini masih terasa belum kuat, kemudian juga meningkatkan kuantitas dan kualitas karya-karya anggota.
Semoga FLP Unhas ke depan dapat mengaminkan pernyataan Taufik Ismail bahwa Forum Lingkar Pena adalah hadiah Allah untuk Indonesia….

Kesadaran adalah Matahari
Keberanian adalah Bumi
Perjuangan adalah pelaksanaan dari kata-kata
(W.S. Rendra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar